Perintah dasar dan Direktori

Posted by Unknown on 05.24 with No comments
Perintah-perintah dasar
       Karena ini debian(text) kamu membutuhkan perintah-perintah dasar untuk mengutak-atik sistem operasi yang 1 ini. tidak seperti windows yang pengoperasiannya hanya tinggal klik sana-sini. perintah-perintah dasar yang akan sering kamu gunakan adalah sebagai berikut.
1. nano/pico -> adalah perintah untuk mengedit/membuka sebuah file atau folder.(untuk penggunaannya pilih salah satu yang menurutmu mudah di ingat nano atau pico)
2. ls -> atau singkatan dari "list" adalah perintah untuk memperlihatkan isi dari sebuah folder.
3. su -> masuk ke direktori root.
4. cd -> change direktory atau ganti direktori adalah perintah untuk berpidah direktori. kita akan pelajari apa itu direktori lebih lanjut nanti.
5. rm -> singkatan dari remove, gunanya untuk menghapus direktori atau file.
6. mkdir -> singkatan dari make direktory adalah perintah untuk membuat direktori, apa itu direktori? (akan kita bahas di bagian direktori)

Cukup di lihat dan diperhatikan, tidak perlu kamu hafal. karena kita akan sering menggunakannya, cepat atau lambat kamu akan dapat mengingatnya dengan mudah. nah tentunya perintah-perintah nya tidak itu saja, itu hanya sebagaina kecil. Perintah-perintah lain seperti "apt-get" akan kita bahas nanti.

Direktori.
    Direktori itu adalah tujuan , kalau di windows, direktori terlihat seperti berikut.
        dari gambar di atas yang di namakan direktori itu "Logical(D:)", "Task" , "VIB". oh ya Task dan VIB itu merupakan nama folder dan Logical(D:) merupakan partisi.
nah sebenarnya hampir sama dengan windows, debian 6 pun memiliki direktori namun panah segitiganya (perhatikan gambar di bawah ini)

kita ganti dengan "/" misal kamu akan membuka file (KhookieSky.txt) yang berada didalam direktori siswa. maka yang harus kamu lakukan adalah: login debian 6 terlebih dahulu. kemudian, masuk ke root dengan perintah "su" lalu masukkan password root. kemudian ketikkan perintah "nano /siswa/Khookiesky.text". perhatikan, yang pertama kamu ketik adalah direktori terluar kemudian baru filenya. bandingkan dengan windows diatas, misal contoh diatas berada di partisi Logical(D:) nah kalo di debian 6 tadi kamu berada di root (partisi linux) dan sudah masuk dengan perintah "su", nah kalo contoh gambar diatas direktori luarnya Task lalu masuk ke Vib kemudian access pref. dari perbandingan tersebut harusnya saat ini kamu memiliki gambaran tentang direktori di debian 6. Oh ya tidak perlu langsung kamu praktekkan untuk saat ini cukup lihat pahami bagaimana direktori itu. nanti kita akan mempraktekkannya bersama-sama.

berikut perbandingannya agar lebih mudah:
Windows :
 Logical(D:) - Task - Vib - acceess pref
Debian 6 :
root - /siswa/khookiesky


nah sekian pembelajaran tentang perintah dasar dan direktori, dengan ini sesi tanya jawab kami buka, silahkan bertanya...
Categories: ,